Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Satu Kelurahan Satu Kampung Iklim

Selasa 18/04/17, 16:12 PM oleh Ratih Syam.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palembang, Faizal, mengatakan, pihaknya menargetkan satu kelurahan memiliki satu kampung iklim.

“Di Palembang, ada 107 kelurahan. Jadi, minimal ada 107 kampung iklim,” ujar Faizal, di acara sosialisasi Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 48 Tahun 2016 tentang Program Kampung Iklim, Selasa (18/4/2017) di Grand Atyasa Palembang.

Sosialisasi ini diikuti sekitar 150 peserta. Mayoritas dari kelurahan di Palembang.

Faizal mengatakan, dinasnya saat ini membina tiga kampung iklim, yakni di Talang Kelapa, di Gandus, dan di Patra Mandiri Plaju.

Sosialisasi juga terus dilakukan. Pelatihan-pelatihan, ikut lomba tingkat provinsi dan nasional, juga diskusi antarpembina lingkungan, disebutkan Faizal adalah beberapa upaya untuk menambah wawasan dan kepedulian akan lingkungan.

Faizal menyebutkan ada sejumlah kriteria kampung iklim. Antara lain, kepedulian masyarakat akan lingkungan, ada kelompok-kelompok yang menghijaukan lingkungan, menjaga kebersihan drainase dan menamankan kesadaran lingkungan kepada anggota. Juga tidak membuang sampah sembarangan, serta mengupayakan tanaman obat untuk keluarga (TOGA).

Kepala Bidang Mitigasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Sugiatmo, mengatakan, kampung iklim bertujuan menjaga lingkungan dari dampak perubahan iklim dan efek rumah kaca.

Kementerian Lingkungan Hidup sendiri menargetkan ada 2000 kampung iklim di seluruh Indonesia pada 2019.

“Sekarang ada 293 kampung iklim di Indonesia yang tersebar di 27 propinsi. Kampung iklim itu minimal tingkat RW dan maksimal tingkat kelurahan,” ujarnya.

Menurut Sugiatmo, ada 3 syarat agar suatu wilayah bisa masuk dalam kategori kampung iklim.

Pertama, adaptasi, Yakni bagaimana masyarakat bisa beradaptasi dalam perubahan iklim. Kedua mitigasi, yakni bagaimana masyarakat tersebut bisa  mengurangi, meminimalisir dampak dari perubahan iklim tersebut. Ketiga yakni adanya dukungan masyarakat.

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Palembang, Agus Kelana, mengatakan pihaknya akan mengadakan lomba kebersihan lingkungan untuk memotivasi kepedulian kelurahan-kelurahan di kota ini akan lingkungan.

“Kita juga terus mengadakan sosialisasi kebersihan lingkungan. Termasuk juga gotong royong membersihkan lingkungan secara serentak tiap minggu pagi di semua kelurahan, yang konsisten kita lakukan,” ujar Agus. (*)

Penulis: Ratih

Penyunting: Hidayatullah


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.