Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Kartini Modern Jangan Menyalahi Kodrat

Kamis 20/04/17, 15:20 PM oleh Ratih Syam.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Puluhan wanita cantik, mayoritas berkebaya, meriung di bawah tenda, tak jauh dari Taman Kambang Iwak. Persisnya di halaman Rumah Dinas Wali Kota Palembang, Kamis (20/4/2017).

Satu per satu mereka tampil di panggung. Muka cerah dan tak henti menebar senyum. Sejumlah awak media dengan sigap membidikkan kamera ke mereka. Ada pula yang mengabadikan dengan handphone dan handy cam.

Siapa para wanita ini? Mereka adalah istri mayoritas pejabat di Pemerintah Kota Palembang. Mulai dari istri wali kota, sekretaris daerah, asisten, staf ahli, kepala dinas, kepala badan, hingga camat. Latar belakang profesi mereka beda-beda. Ada yang pengusaha, ibu rumah tangga. Sebagian malah punya jabatan di lingkungan Pemkot Palembang.

Para wanita ini berkumpul, mengajak masyarakat untuk mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita Indonesia, yakni RA Kartini.

Tokoh wanita yang wafat tak berselang lama usia melahirkan, ini telah menginpirasi banyak perempuan Indonesia untuk berkarir cemerlang, berpendidikan tinggi dan berkiprah di tengah masyarakat.

Adapun salah satu cara yang mereka lakukan untuk mengenang jasa wanita asal Jepara, yakni dengan menggelar pertunjukan  fashion show, dan paduan suara. Ada pula bazar murah dari 16 kecamatan se-Kota Palembang, yang pesertanya dari Dharma Wanita, ibu PKK dan umum.

Sedangkan untuk fashion show, modelnya tak lain tak bukan istri para pejabat atau para pejabat wanita-tadi.

Kendati bukan model sungguhan, penampilan para “Kartini” modern ini lumayan menarik dan menghibur.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengapresiasi peringatan Hari Kartini tersebut. Ia mengajak peringatan ini dijadikan momentum bagi kaum wanita untuk mewujudkan Palembang yang lebih baik lagi.

Secara khusus, Harnojoyo memuji kebaya yang dikenakan para “model” Pemkot Palembang ini. Selain sebagai identitas bangsa, kebaya sangatlah bagus.

“Wanita yang pakai kebaya akan terlihat lebih cantik dan anggun,” kata Harnojoyo.

Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, mengajak kaum wanita meneladani perjuangan Kartini yang semangat dalam belajar dan berkarya serta membantu sesama.

“Tunjukan bahwa wanita itu bisa,” ujarnya penuh semangat.

Ia menuturkan, wanita sebagai ibu, sebagai istri, dan juga sebagai pekerja, harus menjalankan tugas sebaik-baiknya. Harus seimbang antara karir dan tugas utama mendidik, mengasuh dan mengurus keluarga.

“Wanita jangan sampai menyalahi kodrat. Tapi juga harus berpikir maju dan terus berkarya,” ujar Fitrianti. (*)

Penulis: Ratih

Penyunting: Hidayatullah


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.