Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Pemkot Palembang Programkan Beasiswa bagi Penghapal Al Quran

Kamis 15/06/17, 14:45 PM oleh Wahyu Hidayat.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Wali Kota Palembang Harnojoyo melaunching Taman Pendidikan Al Quran berbasis Sekolah, Kamis (15/6/2017) di Bumi Perkemahan Candika.

Di tempat yang sama juga dilaksanakan peringatan Nuzulul Quran 1438 H/2017 di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Palembang. Kegiatan ini diikuti sekitar 4.000 siswa dan guru.

Harnojoyo mengatakan, membangun generasi cinta Al Quran adalah salah satu upaya Pemkot Palembang untuk mewujukan visi Palembang Madani.

“Tentu harapan kita nanti, Palembang akan bebas buta aksara Al quran. Setelah anak-anak mampu membaca, mereka diminta memahami sehingga dapat mengamalkan,” ujar Harnojoyo.

Di acara tersebut, Harnojoyo secara simbolis memberikan piagam bagi peserta didik yang hafal sejumlah surat lewat program Jam ke Nol yang digagas Diknas sebelumnya. Harnojoyo juga memberikan penghargaan kepada siswa yang terampil dan membaca Al Quran dengan baik.

Bahkan, Harnojoyo berencana memberi beasiswa bagi hafiz (penghafal) Al Quran. Semisal di tingkat SD untuk dapat masuk SMP tanpa tes. Begitupun untuk jenjang SMP ke SMA yang akan dikoordinasikan dengan Diknas Provinsi dan Kanwil Kemenag Kota Palembang.

“Akan kita programkan, sebagai motivasi. Karena para pelajar di Palembang tidak hanya diharapkan menjadi pintar. Melainkan juga memiliki karakter dan akhlak yang mulia berlandaskan agama yang kuat. Itu salah satu target kita ke depan,” kata Harnojoyo.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahamad Zulinto, mengatakan, pada program Jam ke Nol, pelajar diminta mengaji sebelum masuk pukul 06.40. Ada pula pelajar yang dianjurkan shalat dhuha.

Adapun launching program Taman Pendidikan Al Quran berbasis sekolah ini merupakan kenaikan tingkat.

“Sehingga jadinya seperti ekskul. Di mana bisa dijadikan budaya, dengan peran guru agama yang harus lebih kuat lagi. Mereka bisa belajar mengaji, berdiskusi masalah agama,” ujar Zulinto. (*)

Penulis: Wahyu

Penyunting: Hidayatullah


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.