Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Tol Palindra Sudah Beroperasi H-6 Lebaran

Sabtu 17/06/17, 21:07 PM oleh Ria Amelia.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Kepala Divisi Pengembangan Jalan Tol Hutama Karya (Persero), Rizal Sutjipto, mengatakan, pemudik sudah bisa memanfaatkan seksi I jalur Tol Palembang-Indralaya (Palindra) yang akan mulai dibuka pada Senin (19/6) sampai dengan H+10 lebaran.

“Kondisi telah 100 persen siap digunakan, untuk 2 arah dan dibuka 24 jam. Jalur tersebut sudah dapat dilalui masyarakat pada arus mudik lebaran dan arus balik Lebaran,” kata Rizal, Jumat (17/6/2017).

Rizal menjelaskan dengan kondisi arus mudik yang mulai padat saat musim Lebaran, keberadaan jalan tol dapat dijadikan alternatif untuk meringankan beban kepadatan jalan nasional. Pasalnya pada saat libur dan mudik lebaran, secara otomatis volume pengguna jalan akan meningkat.

“Untuk kelancaran arus kendaraan yang melintas nantinya, kita akan berkoordinasi dengan Dirlantas Polda Sumsel,” ujar Rizal.

Ia menerangkan, pengerjaan ruas Tol Palindra masih bersifat fungsional dengan mencapai progres total sebesar 88,75%, dengan rincian main road sudah 98% dan akses sudah 87,84%.

Di mana ruas Tol Palindra ini masuk di seksi 1 yang menyambungkan antara Palembang dan Pemulutan sepanjang 7 km.

“Progres pengerjaan untuk ruas jalan utama sudah selesai. Saat ini tinggal pengerjaan marka jalan dan rambu-rambu saja,” kata Rizal.

Kendati sudah bisa dilalui pemudik, Rizal menyebut pihaknya masih belum mengenakan tarif berbayar untuk pemudik yang melintas di ruas Tol Palindra. Namun demikian bukan berarti ruas jalan tersebut bisa dilalui oleh kendaraan roda dua (motor,red).

“Memang ada jalan tol yang didesain bisa dilalui kendaraan roda dua seperti Tol Suramadu. Tapi Tol Palindra tidak bisa.”

Menurutnya ruas Tol Palindra tidak memiliki lajur khusus untuk kendaraan roda dua. Sehingga sangat berbahaya untuk pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua di jalur tol ini.

Ia juga mengimbau agar masyarakat berperan aktif dalam menjaga aset negara dan jangan sampai ada tindakan yang tidak baik. Seperti melakukan aksi coret-coret dan perusakan.

Pembangunan jalan tol ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Sumsel. Salah satunya dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dengan meringankan biaya logistik bagi para pelaku ekonomi di Sumsel. (*)

Penulis: Ria Amelia

Penyunting: Hidayatullah


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.