Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Palembang Raih 5 Penghargaan Bidang Lingkungan

Jumat 04/08/17, 06:55 AM oleh Hidayatullah Adronafis.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Prestasi membanggakan kembali ditorehkan Palembang tahun ini. Kota ini menyabet lima penghargaan sekaligus, di bidang lingkungan.

Penghargaan itu, yakni, Piala Adipura Kategori Kota Metropolitan, Plakat Taman Kategori Taman Kota Terbaik, Penghargaan Sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Mandiri Kategori Sekolah Cinta Lingkungan, didapat oleh SMP Negeri 17.

Penghargaan untuk Wilayah atau Kampung yang Telah Menerapkan Program Kampung Iklim, didapat oleh Kampung Kebun, Kelurahan 2 Ilir, Kecamatan Ilir Timur II, dan Pembina Program Iklim kepada Wali Kota Palembang.

Penghargaan Pembina Program Iklim diterima langsung Wali Kota Harnojoyo, Kamis malam (3/8/2017) di Jakarta.

Sehari sebelumnya empat penghargaan lain diterima pada Rabu malam. Adapun Piala Adipura diterima langsung Harnojoyo dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar, di Gedung Manggala Wanabakti.

“Kita apresiasi Kota Palembang. Walaupun saat ini sedang banyak pembangunan, tapi tetap bisa eksis untuk menjaga kebersihan kota dan lingkungannya,” ujar Menteri Siti Nurbaya.

Kamis (3/8/2017), sekitar pukul 06.45, Piala Adipura dan tiga penghargaan lain tiba di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin. Penghargaan itu lantas diserahkan Wali Kota Harnojoyo kepada Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda yang sudah menunggu sejak pagi. Fitrianti selanjutnya menyerahkan Piala Adipura ke Sekretaris Daerah Harobin Mastofa.

“Penghargaan ini untuk kita semua. Ke depan harus lebih semangat lagi, gotong royong juga makin digalakkan. Kita juga harapkan partisipasi masyarakat lebih baik lagi untuk peduli lingkungan,” kata Harnojoyo, saat konferensi pers di ruang VVIP Bandara SMB II, didampingi Wawako Fitrianti, Sekda Harobin, Asisten, dan sejumlah kepala OPD.

Menurut Harnojoyo, penghargaan tidak menjadi tujuan akhir, tapi terpenting tumbuh kesadaran dan kepedulian masyarakat akan lingkungan.

Selanjutnya, dari Bandara SMB II, empat penghargaan itu diarak oleh Bujang Gadis Palembang diikuti sejumlah kendaraan dan anggota komunitas motor, dan dikawal ketat petugas Dinas Perhubungan dan aparat kepolisian.

Sepanjang perjalanan, masyarakat menyambut antusias iring-iringan mobil pembawa penghargaan ini. Pelajar SD dan SMP memadati ruas jalan dari Jalan Kolonel Haji Barlian hingga Sudirman. Mereka berbaris rapi dan mengibarkan bendera merah putih ukuran kecil saat iringan kendaraan melintas. Pegawai kantor, masyarakat umum juga melambaikan tangan. Sebagian mengacungkan jempol.

Arak-arakan kendaraan pembawa Adipura dan penghargaan lain tiba di Benteng Kuto Besak sekitar pukul 09.15, dan disambut ribuan orang.

Selanjutnya Adipura diserahkan Wawako Palembang Fitrianti Agustinda kepada Ketua DPRD Kota Palembang Darmawan.

Darmawan menyatakan bangga Palembang meraih Adipura. Ia mengajak prestasi ini terus terjaga, bahkan ditingkatkan.

“Kami atas pimpinan DPRD Palembang mengucapkan selamat atas keberhasilan meraih penghargaan ini. Kami juga mengapresiasi program gotong royong yang dilakukan tiap minggu pagi, karena merangkul semua elemen masyarakat,” ujar Darmawan.

Program gotong royong yang dimotori Wali Kota Harnojoyo tiap Minggu pagi, ini digelar serentak di 107 kelurahan, dan melibatkan semua elemen. Mulai dari Kodim, Koramil, Polresta, Tagana, relawan kebersihan, komunitas peduli banjir, LSM dan ormas, pejabat pemerintah kota, dan tentu saja masyarakat sekitar lokasi gotong royong.

Titik fokus gotong royong yakni pembersihan sampah di drainase, anak sungai, sungai, serta permukiman. Di lokasi gotong royong juga disediakan pelayanan publik. Seperti cek kesehatan gratis, perekaman KTP elektronik, pembayaran pajak, perpustakaan keliling, dan pelayanan lainnya.

Fitrianti Agustinda menyatakan bangga Palembang meraih Adipura ke-11 kali berturut-turut. Bukan persoalan mudah meraih prestasi ini.

“Ini prestasi tersendiri bagi Palembang. Tapi, ke depan, prestasi ini mesti terus ditingkatkan. Jika kita terus bersama-sama, kompak menjaga lingkungan, kita yakin bisa mewujudkan itu,” ujar Fitrianti.

Ia dalam kesempatan itu, juga mengucapkan terima kasih kepada para camat dan lurah yang terus memotivasi masyarakat agar peduli lingkungan.

Di tempat yang sama, Wawako Fitrianti Agustinda, Ketua DPRD Darmawan, Sekretaris Daerah Harobin Mastofa, dan FKPD, berfoto bersama dengan petugas kebersihan, petugas pemadam kebakaran, dan petugas dari PU Penataan Ruang.

“Mereka ini juga bekerja keras menjaga kebersihan Palembang, sehingga kita bisa meraih Adipura ke 11 kali berturut-turut,” kata Fitrianti pula. (*)

Penulis: Hidayatullah

 

 

 


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.