Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Pinggiran Sekanak Dipercantik dengan Pedestrian

Kamis 14/09/17, 16:21 PM oleh Ria Amelia.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pemerintah Kota Palembang akan mempercantik pinggiran Sungai Sekanak dengan membangun pedestrian di sepanjang kawasan tersebut.

Hal ini diungkapkan Staf Ahli Khusus Percepatan Pembangunan Setda Palembang, Sapri Nungcik, Kamis (14/9/2017).

Sapri mengatakan, pembangunan pedestrian di kawasan itu untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Palembang dan sebagai upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan warga.

“Dengan semakin banyaknya destinasi wisata di Palembang, tentu saja ini akan jadi peluang bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan pendapatan mereka. Karena, sudah pasti yang datang bukan hanya wisatawan lokal, tapi juga manca negara,” ujar Sapri.

Ia menerangkan, pedestrian rencananya dibangun mulai dari muara Sungai Sekanak hingga ke anak Sungai Sekanak yang ada di depan Hotel Arista.

“Kiri kanan itu nanti akan dibangun dengan masing-masing selebar 7 meter. Tidak jauh beda yang di Sudirman,” Sapri menyebutkan.

Pedestrian Sudirman adalah salah satu destinasi wisata Pemkot Palembang, yang dilaunching 2016 silam.

Setiap malam Sabtu dan malam Minggu, tempat ini dibanjiri pengunjung, lokal, maupun domestik. Pagelaran seni, teater, hingga olahraga tradisional tersaji di pedestrian Sudirman. Event Asian Games 2018 di mana Palembang jadi salah satu tuan rumah Asian Games, diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke pedestrian ini.

Sapri melanjutkan, untuk lahan, pihaknya bekerja sama dengan camat dan lurah, serta masih perlu melakukan sosialiasi ke masyarakat sekitar Sekanak. Sebab, ada beberapa lahan yang sudah pernah dibebaskan beberapa tahun lalu.

“Tapi, sembari melakukan sosialisasi, pemkot juga akan mengkroscek ulang dokumen pembebasan lahan karena itu kan sudah terjadi beberapa tahun yang lalu. Ini kita lakukan agar tidak ada kesalahpahaman dan silang pendapat dengan warga sekitar. Tapi kalau untuk yang di sekitar kantor Pemkot itu sudah clear semua,” Sapri menjelaskan.

Mantan kepala Bappeda Kota Palembang, ini menambahkan, pembangunan pedestrian pinggiran Sungai Sekanak ini akan beriringan dengan normalisasi Sungai Sekanak yang mulai dilakukan Pemkot Palembang. Di mana, untuk normalisasi sungai ini Pemkot Palembang bekerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) VII.

“Setidaknya dalam waktu dekat fisiknya sudah mulai bisa berjalan. Sementara untuk dana (pembangunan pedestrian) nanti ada dari bantuan APBD, tapi tidak sepenuhnya sebab APBD juga terbatas. Jadi kita usahakan ada kontribusi dari pihak ketiga melalui CSR,” kata Sapri pula. (*)

Penulis: Ria Amelia

Penyunting: Hidayatullah

 


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.