Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Pemkot Palembang Akan Tambah RTH

Rabu 20/09/17, 17:42 PM oleh Ria Amelia.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk Kota Palembang perlu ditambah. Sesuai peraturan daerah, suatu kawasan harus memiliki minimal 30 persen RTH dari total luas wilayahnya. Palembang saat ini memiliki sekitar 25 persen RTH.

“Memang masih belum mencukupi untuk kebutuhan RTH yang dianjurkan dalam Perda. Tapi, dari segala sektor dan OPD, itu sudah kita upayakan untuk pembangunan RTH ini. Sudah ada beberapa, juga tengah dalam perencanaan,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang Pemkot Palembang, Harrey Hadi, Rabu (20/9/2017).

Harrey menjelaskan, nantinya Taman Nusa Indah yang akan dijadikan taman skate park ini akan diimbangi dengan fasilitas taman layaknya taman pada umumnya, seperti arena bermain.

Bukan itu saja, adanya taman ini juga akan menambah jumlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Kota Palembang.

“Arena bermain nanti dilengkapi dengan RTH, kalau ada space kosong itu kita isi dengan tanaman-tanaman agar tidak kembali dijadikan lahan parkir, sehingga tidak nampak kumuh,” ujar Harrey.

Ia menerangkan, dalam pembangunan ini Pemkot Palembang sengaja memaksimalkan dana CSR dari BUMN dan BUMD guna meminimalisir penggunaan dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

“Dana APBD kita sekarang ini kan terbatas. Jadi kita memaksimalkan anggaran dari CSR,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya hanya sebagai perencana pembangunan saja, sedangkan untuk satuan kerja (satker) ada di Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang.

Seperti diketahui PDAM merupakan pihak yang menyumbangkan dana CSR dalam pembangunan skate park ini.

“Satkernya itu ada di PDAM. Kapan mulai perencanaannya itu tunggu dari mereka,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani, yang ikut mendesain skate park, mengatakan, taman ini didesain dengan konsep serba ada.

Mulai dari taman bermain anak-anak, jogging track, panggung terbuka, dan tetap mengusung konsep taman terbuka hijau dengan mempertahankan pohon-pohon yang sudah ada.

“Nantinya skate park itu ada di bagian tengah yang akan dikelilingi oleh jongging track dan lintasan sepatu roda. Dan kami juga akan membuat panggung teater untuk pementasan seni dengan latar belakang air mancur dan Masjid Agung. Desainnya saat ini sedang kami buat kemungkinan minggu depan akan dirilis,” Isnaini menerangkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR), Saiful, mengatakan, saat ini pihaknya sudah melakukan pembebasan lahan di kawasan Taman Nusa Indah yang akan dijadikan skate park.

“Sebelumnya, di sini ada tiga bangunan milik Dinas Perhubungan, kepolisian dan ada gedung yang tidak terawat. Semuanya sudah dibersihkan dan dirobohkan, sekarang sudah bersih. Saat ini kami juga sedang menghitung estimasi biaya untuk pembangunan ini,” ujar Saiful.

Ia menambahkan, pembangunan taman ini tidak akan menggunakan dana APBD, tetapi menggunakan dana CSR dari BUMN, BUMD, dan swasta.

“Saat ini sudah ada instansi yang siap menyalurkan CSR nya untuk pembangunan taman in. Yaitu Bank Indonesia dan PDAM Tirta Musi.” (*)

Penulis: Ratih

Penyunting: Hidayatullah

 


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.