Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Atasi Banjir, Pemkot Palembang Akan Pasang Enam Pompa

Rabu 11/10/17, 18:22 PM oleh Ria Amelia.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pengerjaan pompanisasi Sungai Bendung mulai dikebut. Saat ini progres pengerjaannya memasuki tahap pembuatan kolam penampungan air.

“Pompanisasi Sungai Bendung yang menjadi sistem sekunder ini akan menampung aliran air. Di antaranya, dari kawasan PTC, simpang Polda. Progresnya, saat ini kita sedang membuat kolamnya. Setelah itu akan dipasang enam pompa dengan kapasitas 6.000 liter/detik,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Palembang, Saiful, Rabu (11/10/2017).

Menurut dia, sebagai salah satu kota besar, Palembang tidak bisa menghindari banyaknya genangan-genangan air, salah satunya karena guyuran hujan.

Kendati tidak berlangsung lama, namun intensitasnya cukup lebat. Dengan adanya pompanisasi Sungai Bendung ini diharapkan banjir dan genangan air tidak terjadi lagi.

Saiful mengatakan pula, untuk tahun ini pihaknya tidak menganggarkan pembuatan kolam retensi. Karena pembebasan lahan butuh dana yang tak sedikit.

“Tahun ini belum ada pembangunan. Tapi, ada lahan yang akan kita bebaskan untuk bakal kolam retensi di Plaju, Soekarno Hatta dan Kancil Putih. Kita akan lakukan pendekatan dan dihitung nilai pembebasan lahannya oleh KJPP, kemudian disusun DED-nya. Untuk pembangunannya tahun depan,” Saiful menerangkan.

Ia tak menampik Palembang masih butuh penambahan kolam retensi dari yang saat ini sebanyak 24 kolam.

“Fungsi kolam retensi penting untuk penampungan utama air dari drainase, kemudian dialirkan ke sungai,” kata Saiful.

Begitu pula, normalisasi kolam retensi belum akan dilakukan tahun ini.

“Sementara ini, kolam retensi itu pemeliharaannya dengan dibersihkan. Kita akan anggarkan untuk pembersihan sedimentasi atau endapan lumpur itu nanti di 2018. Jadi nanti itu dikeruk lumpurnya. Seperti Kolam Retensi Siti Khadijah, Demang Lebar Daun,” ujar Saiful. (*)

Penulis: Ria Amelia

Penyunting: Hidayatullah

 


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.