Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Pemkot Palembang Masih Cari Lahan untuk Pasar Ikan Modern

Senin 16/10/17, 06:16 AM oleh Ria Amelia.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pemerintah Kota Palembang masih dihadapkan pada persoalan lahan untuk membangun pasar ikan modern.

Pembangunan pasar ikan itu sendiri akan dibantu Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Pemkot Palembang hanya diminta menyiapkan lahan yang memadai.

“KKP menginginkan lahan yang cukup luas dan dalam jangkauan masyarakat. Sejauh ini kita masih mencari lahannya. Setidaknya diperlukan lahan baru seluas 2.000 meter persegi, antara lain untuk penempatan mesih pendingin berkapasitas 100 hingga 200 ton,” kata Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa, Minggu (15/10/2017).

Ia menyebutkan, Pemkot akan mencari lahan baru di Seberang Ilir. Jika tidak ada, dicari di Seberang Ulu.

Harobin mengatakan, keberadaan pasar modern ini akan menggantikan tempat pelelangan ikan yang sebelumnya di kawasan Sekanak.

“Jika pembangunan pasar ini terwujud, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, serta mengurangi pengangguran,” kata Harobin pula.

Sebelumnya, Inspektur Jenderal (Irjen) KKP, Muhammad Yusuf, saat memantau kondisi Pasar Sekanak beberapa waktu lalu, menilai kawasan tersebut terlalu kecil untuk dijadikan sebagai pusat perdagangan ikan.

Yusuf mengatakan, Pemkot Palembang bisa segera menyiapkan lahan baru dan lebih luas dari kawasan Sekanak serta berada di tengah kota dan mudah dijangkau. Pusat perdagangan khusus ikan dan modern sudah menjadi cita-cita Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudji Astuti.

“Menteri Susi sangat ingin ada pasar modern ikan. Di dalam pusat perdagangan itu ada ikan segar, ikan olahan dan berada di tengah kota. Konsepnya seperti supermarket,” ujar Yusuf.

Ia menuturkan, dana yang diperlukan dan disiapkan untuk pembangunan pasar ini nanti berkisar Rp 162 Miliar.

“Jika sudah ada lokasinya, maka pembangunan akan langsung dilakukan. Sebab, pemerintah pusat telah menyiapkan dana. Lagi pula, saat ini pembangunan pasar ikan modern baru ada satu, yaitu di Muara Baru, Jakarta.” (*)

Penulis: Ria Amelia

Penyunting: Hidayatullah

 


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.