Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Harnojoyo: Burung Khas Sumsel Perlu Dilestarikan

Minggu 05/11/17, 15:16 PM oleh Ria Amelia.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan komunitas pencinta burung berkicau bisa memberikan dampak positif bagi suatu daerah.

“Bisa menjadi magnet wisata, serta menggerakkan ekonomi masyarakat,” ujar Harnojoyo, usai membuka pameran dan lomba burung berkicau, di Kelurahan Talang Kelapa, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Minggu (5/11/2017).

Harnojoyo di acara yang diselenggarakan Oriq Jaya, itu menyatakan kekagumannya akan merdunya kicauan burung peserta lomba yang memperebutkan piala wali kota Palembang ini.

Ia berharap komunitas ini terus berkembang dan membantu melestarikan burung, terutama khas Sumatera Selatan.

Ketua Umum Oriq Jaya, Suryono, mengatakan, lomba ini diikuti 1.200 burung berkicau dari aneka jenis. Antara lain, Murai Batu, Kapas Tembak, Kacer Bird, Love Bird, Cucak Ijo, Kenari Bebas, Ciplek, pleci, konin dan lainnya.

“Ada sekitar 27 jenis yang dilombakan,” ujar Suryono.

Dari ragam jenis burung itu, Murai Batu paling bergengsi karena memperebutkan piala wali kota dengan nama Murai Batu Wali Kota.

Suryono mengatakan, peserta lomba ini lebih ramai dari tahun tahun sebelumnya. Tak hanya Sumsel, tapi juga Jambi, Bengkulu, Lampung.

“Ini skala Sumbagsel. Semoga ke depan bisa skala Nasional biar bisa mengajak semua pecinta burung berkicau dari penjuru nusantara.”

Di tempat yang sama, tokoh masyarakat sekaligus pecinta burung berkicau, Eddy Yusuf, mengapresiasi kerja panitia dan Pemkot Palembang yang telah memberikan ruang ekspresi bagi burung berkicau.

“Terpenting adalah budidayanya, yakni penangkaran. Jangan sampai generasi mendatang tidak bisa melihat lagi hebatnya kicauan burung burung ini,” ujar mantan wakil gubernur Sumsel ini. (*)

Penulis: Ria Amelia

Penyunting: Hidayatullah

 


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.