Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Harnojoyo Dapat Sebutan Cek Arno dari Pemangku Adat Palembang

Rabu 20/12/17, 11:56 AM oleh Ria Amelia.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Wali Kota Palembang Harnojoyo mendapat gelar Cek Arno dari Pemangku Adat Kota Palembang, Rabu (20/12/2017), di Ballroom Grand Atyasa. Pemberian gelar itu ditandai dengan pemakaian tanjak kepada Harnojoyo.

Harnojoyo dinilai memberikan dukungan untuk pelestarian budaya di Palembang. Harnojoyo berterima kasih atas penghargaan tersebut.

“Sebenarnya, berdasarkan sejarah memang pada dasarnya saya keturunan wong Palembang,” ujarnya.

Di tempat yang sama juga digelar rembug adat untuk melestarikan budaya Palembang. Harnojoyo mengatakan, rembug adat ini salah satu jembatan komunikasi antarpemangku adat Kota Palembang ke pemerintah untuk memberikan solusi dan masukan dalam membangun kota dan budaya Palembang.

Harnojoyo juga mendukung pemakaian pakaian adat pada hari Jumat. Begitu juga soal pendidikan tentang adat Palembang yang masuk dalam kurikulum.

Ketua Rembug Adat Kota Palembang, Alimudin Halim, mengatakan, kegiatan budaya kota kita ini harus menjadi suatu kebiasaan dengan mempopulerkan panggilan untuk sebutan kita dengan sebutan Cek. Kemudian pada hari jumat diwajibkan kepada instansi Pemerintah menggunakan baju khas adat Palembang.

“Selain itu juga, dalam kesungguhan menjaga budaya dan pelestarian Kota Palembang, kami secara langsung mendukung semua program Palembang EMAS 2018,” ujar Halim.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh, mengatakan, rembug adat merupakan kegiatan di mana ketua adat dan pemerintah saling membuka dan menerima masukan guna mencapai pelestarian kota.

“Kita sangat mengharapkan sekali di era perkembangan zaman yang kian maju ini tidak memudarkan khasanah khas asli budaya Palembang. Seperti halnya bahasa asli wong kito benar-benar harus menjadi identitas. Kita harapkan rembug adat ini juga bisa memotivasi generasi muda,” kata Sudirman. (*)

 

Penulis: Ria Amelia

Penyunting: Hidayatullah

 


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.