Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Command Center Lawang Jabo Palembang Resmi Beroperasi

Jumat 22/12/17, 13:17 PM oleh Tim Bulletinmetropolis.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pemerintah Kota Palembang secara resmi meluncurkan layanan Smart Aspiration to Urban City (SMARTUC).

Peresmian dilakukan Wali Kota Palembang Harnojoyo, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa, Jumat (22/12/2017) di Ruang Parameswara Setda Palembang.

Hadir dalam acara ini, antara lain, Ketua Komisi I DPRD Palembang, para kepala organisasi perangkat daerah (OPD), unsur FKPD, para camat dan lurah, perwakilan Pemprov Sumsel.

SMARTUC adalah program Pemkot Palembang yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika.

“SMARTUC ini adalah upaya awal untuk menuju Palembang Kota Pintar (Smart City),” kata Kepala Dinas Kominfo Palembang, Yanurpan Yany.

Program ini terdiri dari Command Center Lawang Jabo dan sejumlah perangkat aplikasi. Nama Lawang Jabo sendiri dari kata Lawang (pintu) dan Jabo (terluar). Maksudnya, informasi tentang Palembang bisa dipantau melalui Command Center Lawang Jabo ini.

Ia menjelaskan, melalui ruang pengendali (Command Center) Lawang Jabo, sejumlah kawasan di Palembang bisa terpantau. Ini dimungkinkan karena di tempat-tempat tersebut dipasang kamera pingintai atau CCTV.

“Untuk sementara baru enam titik yang kita pasang CCTV. Dua di Benteng Kuto Besak, dan masing-masing satu CCTV di kawasan Masjid Agung, simpang DPRD Sumsel, simpang Charitas, dan kawasan A Rivai,” ujar Yanurpan.

Secara bertahap titik-titik tersebut akan ditambah. Yanurpan mengatakan, Kementerian Perhubungan RI, telah pula memberikan bantuan 12 CCTV yang diserahkan ke Dinas Perhubungan Kota Palembang, untuk dipasang di sejumlah traffic light.

“Kami juga tahun depan akan membuat blue print, berapa sebetulnya kebutuhan CCTV untuk mewujudkan Palembang Smart City dan Palembang Darussalam,” ujar Yanurpan.

Ia mengatakan, Command Center Lawang Jabo dilengkapi sejumlah aplikasi. Yakni e-Kelurahan, e-Lapor, dan e-Puskesmas.

Fitur e-Puskesmas, membantu masyarakat memantau seluruh puskesmas, baik harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan.

Fitur ini juga menampilkan berbagai informasi terkait kesehatan masyarakat. Antara lain, sebaran distribusi pasien, pelayanan, indikasi terjadinya sebaran wabah penyakit, sistem operasi puskesmas, hingga rekapitulasi obat yang telah dikeluarkan selama ini.

Fitur e-Kelurahan, membantu kelurahan dalam manajamen dokumen pelayanan publik. Termasuk di dalamnya surat keterangan yang wajib dimiliki masyarakat, data demografi, dan hasil kinerja aparatur sipil negara.
Rekapitulasi data ini bisa dipantau secara langsung oleh masyarakat dan dapat diakses melalui dashboard Lawang Jabo Command Center Palembang.

Melalui e-Lapor, masyarakat bisa berperan aktif menyampaikan aspirasi dan memberikan informasi kepada Pemkot Palembang.

“Laporan itu bisa melalui SMS ke 1078, website, mobile App. Laporan yang masuk akan diverifikasi administrator. Selanjutnya laporan tersebut disposisi Pemkot Palembang dan diteruskan administrator Command Center ke OPD terkait untuk ditindaklanjuti,” kata Kepala Seksi Pengembangan Aplikasi dan Integrasi Sistem Informasi Diskominfo Palembang, Sherly Nasution.

Terkait aplikasi ini, Yanurpan mengatakan, pihaknya belum lama ini melakukan nota kesepahaman/MoU dengan Diskominfo Kota Bandung. Dalam nota kesepahaman itu, Diskominfo Bandung memberikan hibah sejumlah aplikasi untuk diterapkan di SMARTUC Palembang.

“Aplikasi ini akan kita terapkan secara bertahap, juga kita integrasikan dengan OPD Pemkot Palembang. Kita siapkan juga sumber daya manusianya,” ujar Yanurpan.

Sekretaris Daerah Kota Palembang, Harobin Mastofa, mengapresiasi inovasi yang dikembangkan Diskominfo Palembang.

“Untuk tahap awal, ini sudah luar biasa. Mendekatkan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Harobin.

Ia meminta OPD, terutama camat dan lurah, turut menyukseskan program SMARTUC ini dengan, antara lain, menyosialisasikan ke masyarakat.

“Percuma kita punya perangkat canggih seperti ini, kalau masyarakat tidak tahu. Atau tidak bisa menggunakannya. Terutama dengan aplikasi e-Lapor. Camat, lurah, RT dan RW harus bisa mensosialiasikan sesederhana mungkin agar masyarakat mengerti dan bisa mengakses dan memanfaatkan layanan e-lapor ini,” ujar Harobin.

Saat launching itu juga diputar video terkait SMARTUC Palembang. Setelah itu, dilanjutkan peninjauan ke Command Center Lawang Jabo, di lantai III Setda Palembang. (*)

 

Penulis: Ria Amelia/Hidayatullah

Penyunting: Hidayatullah

 


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.