Bidikan Kamera

Arsip

Links











Berita seputar kegiatan Pemerintah Kota Palembang klik di sini

Palembang Gelar Festival Budaya

Minggu 04/02/18, 15:08 PM oleh Ria Amelia.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pemerintah Kota Palembang menggelar acara festival budaya bertajuk triangle culture festival.

Dalam festival ini menampilkan pertunjukan budaya dari berbagai belahan nusantara, Arab, dan Tionghoa.

Acara dibuka langsung oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo, Sabtu (3/2/2018) di pelataran Monumen Perjuangan Rakyat (Monpera), dan disambut antusias masyarakat.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan, festival ini bertujuan mempererat silaturahmi masyarakat antar etnis, suku, budaya.

“Bangsa ini kaya akan budaya. Palembang salah satu tempat dengan beragam suku dan etnis. Keberagaman inilah yang selalu kita jaga. Dengan acara ini semoga semakin mempererat silaturahim antara kita,” ujar Harnojoyo.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Sudirman Tegoeh, menjelaskan, festival ini diikuti oleh berbagai perwakilan daerah di Indonesia, serta etnis Arab dan Tionghoa, dengan menampilkan budayanya masing-masing.

“Di antaranya, dari DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Sumatera Utara, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara Barat, tuan rumah Palembang, serta penampilan dari komunitas etnis Arab dan Tionghoa,” Sudirman menyebutkan.

Sejumlah tokoh masyarakat dan budaya mengapresiasi festival budaya ini.

“Acara ini sangat luar biasa, kebergaman budaya dipersatukan di dalam festival, kami sangat mendukung acara seperti ini, apalagi melibatkan teman-teman etnis Arab dan Tionghoa. Seperti diketahui, dua etnis ini sangat erat kaitannya dengan Palembang berdasarkan sejarah yang ada,” ujar Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin.

Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia Palembang, Ketut Muliawan, mengatakan, acara seperti ini menunjukan lambang kebhinekaan.

“Dengan berbagai budaya kita mampu bersatu untuk menjaga kerukunan antar umat beragama, suku, dan budaya. Palembang mampu menjadi contoh.”

Pendi, Ketua Bidang Seni dan Budaya, Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia Provinsi Sumatera Selatan, berharap acara ini dilaksanakan secara rutin dan lebih ditingkatkan lagi. (*)

Penulis: Ria Amelia

Penyunting: Hidayatullah


.....

Tidak ada Komentar

No comments yet.

Sorry, the comment form is closed at this time.




Pengunjung ke :
hit counters

Untuk mendapatkan tampilan terbaik sebaiknya menggunakan Mozzila Firefox browser.